GUNUNG AGUNG BALI - Sakral Namun Penuh Pesona

GUNUNG AGUNG BALI – Sakral Namun Penuh Pesona

GUNUNG AGUNG BALI – Sakral Namun Penuh Pesona

Hai sahabat Balimall, dalam 2 bulan terakhir ini lagi ramai banget ya pemberitaan tentang Gunung Agung. Semua pemberitaan nya terkait dengan aktivitas Gunung Agung yang semakin aktif dan diprediksi akan mengalami erupsi dalam waktu dekat. Well, untuk hal itu kita sama-sama doakan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan khususnya bagi semua masyarakat di Bali ya.

Anyway, postingan blog Balimall kali ini, ga akan membahas mengenai berita-berita erupsinya GunungAgung. Melainkan, kita akan membahas mengenai Gunung Agung itu sendiri.

Hayo..sudah banyak yang tau atau belumya …? Yuk langsung kita bahas.

Dikutip dari bali.panduanwisata.id, Lokasi Gunung Agung ini terletak di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali. Dengan mengambil jalur via Pura Besakih, wisatawan yang datang dari Denpasar bisa menuju ke utara dengan menempuh jarak sekitar 25 km. Atau bisa juga dilalui dari Kota Semarapura, Kabupaten Klungkung dengan menggunakan angkutan umum yang tarifnya berkisar antara Rp. 7000-10.000.

Gunung Agung berketinggian 3.014 meter diatas permukaanlaut (dpl) dan dipercaya sebagai tempat tinggalnya para roh leluhur masyarakat Hindu Bali. Gunung Agung merupakan salah satu gunung aktif di Pulau Bali, dimana letusan terakhirnya terjadi sekitar tahun 1963 dan mengakibatkan kehancuran yang cukup parah, terutama di Kabupaten Karangasem.

Gunung Agung sendiri adalah Gunung bertipe stratovolcano yang didalamnya memiliki kawah yang cukup besar dan dalam. Terkadang dari kawahnya  mengeluarkan asap dan belerang dalam jumlah yang cukup banyak. Tepat di kaki Gunung Agung terletak Pura Besakih yang juga sangat dijaga kesuciannya oleh umat Hindu, juga termasuk pura terbesar di seantero Bali.

Jika dilihat dari Pura Besakih, nampak sekali puncak Gunung Agung  seperti kerucut runcing yang sempurna, meskipun keadaan puncaknya sendiri sebenarnya berbentuk memanjang dan berakhir pada kawah yang melingkar dan lebar.

 

Keindahan dari Puncak

Jika kita berhasil mendaki sampai kepuncak Gunung Agung, tepatnya diketinggian diatas 3000 meter sudah pasti bisa melihat alam Bali dan daerah sekitar secara sempurna. Pengunjung tak hanya dibius oleh pemandangan alam di sekitar Gunung Agung yang eksotis, tapi juga Gunung Rinjani yang terletak di Pulau Lombok bisa terlihat dari puncak. Selain itu keindahan gugusan Kepulauan Nusa Penida bisa ikut juga dinikmati dari puncak Gunung Agung. Demikian juga dengan Pantai Sanur serta Gunung dan Danau Batur yang bisa dinikmati dan dipandangi sepuasnya dari daerah tertinggi Gunung Agung ini.

 

Jalur Pendakian

 

Bagi para petualang, untuk bisa naik ke Gunung Agung, juga tersedia jalur pendakian yang menantang. Saat ini, paling tidak ada tiga jalur pendakian yang bisa dilalui, yakni:

Jika disusuri dari arah tenggara, maka bisa melalui daerah Nangka. Dari selatan, bisa dilalui dari Kecamatan Selat, Karangasem dengan basecampnya di Pura Pasar Agung. Dari arah barat yang merupakan jalur pendakian yang kerap digunakan oleh para pendaki, yaitu dari Pura Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem. Namun, disebabkan banyaknya kecelakaan dan kejadian hilangnya beberapa pendaki, maka sejak tahun 2009 pendakian melalui jalur ini diharuskan untuk memakai jasa pemandu yang telah disiapkan untuk mengantisipasi segala hal yang tak diinginkan.

Nah itu dia beberapa hal mengenai Gunung Agung, jadi ga sabar ingin mendakiya.

Tapi untuk sekarang-sekarang ini masih belum boleh, karena statusnya masih di level IV alias masih status AWAS, yaitu berbahaya.

Tapi jangan khawatir kalau kalian dan saudara kalian mau travelling ke Bali, masih sangat aman ya. Karena yang berbahaya dan berdampak langsung hanyalah daerah dengan radius 12 Kilometer dari Gunung Agung.

So, sahabat Balimall, kalau kalian udah ga sabar ingin melihat Gunung Agung, bisa lihat di foto-foto di bawah ini ya, yang kita ambil dari berbagai sumber. See you ini the next post guys ^^

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *