SUNGAI AYUNG BALI

SUNGAI AYUNG BALI

SUNGAI AYUNG BALI

Hai sahabat Balimall, buat kamu yang sudah berkali-kali ke Bali, kadang-kadang bingung juga ya, mau wisata kemana lagi. Kepantai udah, kegunung udah, liat sawah udah, ke café, bosan ..?

Hmm, gimana kalau menikmati wisata arung jeram atau rafting ? Seru banget lho sahabat. Di Bali sendiri ada banyak sungai yang dijadikan lokasi untuk rafting atau arung jeram, salah satunya adalah di sungai Ayung.

Nah, biar lebih tahu tentang sungai yang udah terkenal banget ini, pada postingan blog kali ini, kita akan bahas mengenai sungai Ayung di Bali.

Kami kutip dari www.balitoursclub.net, Sungai Ayung adalah sungai terpanjang di Bali, dengan panjang sekitar 62.5 km, melintasi sejumlah wilayah Kabupaten di Bali seperti Kabupaten Bangli, Badung, Gianyar dan kota Denpasar, mengalir dari Utara menuju Selatan. Hulu dari sungai Ayung adalah wilayah Kintamani, bersumber mata air pegunungan, aliran air di sungai Ayung tentunya berkaitan erat dengan keberadaan hutan lindung di wilayah Kintamani, sepanjang hutan tersebut bisa terjaga dengan baik, maka air yang mengalir pun akan tidak pernah surut, debit air sungai ini terbilang sangat bagus dan besar, sehingga kapanpun wisatawan bisa mengikuti wisata arung jeram atau rafting di Ayung.

Yang membuat rafting kita makin seru, aliran-aliran sungai kecil tersebut membentuk sejumlah air terjun kecil diantara tebing-tebing indah di sepanjang aliran sungai. Di tambah lagi beberapa ratus meter tebing sepanjang sungai Ayung di kawasan Ubud, oleh pecinta seni, dibentuk pahatan-pahatan seni menciptakan relief indah tentang epos Ramayana, termasuk juga pemandangan petak-petak sawah berpadu menyuguhkan pemandangan indah. Ini juga membuat sungai Ayung menjadi lebih terkenal, aktifitas rafting di sungai Ayung ini, membawa banyak cerita menarik dari kalangan wisatawan yang mengikuti atraksi arung jeram.

Untuk Ayung Rafting sendiri, terdapat sejumlah operator yang menyediakan atraksi arung jeram tersebut, kamu tinggal chat aja ke CSnya Balimall untuk tanya-tanya mengenai aktivitas ini. Untuk akses ke start point bisa melalui sisi sebelah Barat sungai atau dari desa Carang sari, setelah hutan kera objek wisata Sangeh kemudian bisa dari sisi Timur Sungai melalui desa Sayang kawasan Ubud, akses dari kedua tempat tersebut hampir sama, melalui ratusan tangga untuk menuju lembah sungai. Bisa memberikan penglaman tambahan trekking, sambil menyaksikan keindahana sri di sekitarnya, untuk itu jangan lupa bawa kamera anda, anda akan diberikan tas anti air untuk barang-barang bawaan selama mengikuti rafting tersebut.

 

Objek Wisata Sekitar Sungai Ayung

Jarak dari bandara atau pun pusat-pusat pariwisata Bali seperti Kuta, Jimbaran dan Nusa Dua menuju sungai Ayung sekitar 75 menit berkendaraan. Rekreasi rafting disediakan berdurasi sekitar 2-2.5 jam atau sekitar 3 jam dirangkai dengan makan siang, setelah kegiatan tersebut, mungkin anda ingin mengunjungi sejumlah objek wisata terdekat dari kawasan sungai Ayung.

Jika anda mengkases sungai Ayung dari sisi sebelah Barat atau desa Carangsari, Kecamatan Petang, Badung, beberapa objek wisata terdekat lainnya yang bisa ditempuh dalam seharian tour seperti Sangeh, Air Terjun Tegenungan, Agro wisata Pelaga dan Jembatan Tukad Bangkung. Jika akses dari arah Timur akan lebih mudah mengakses kawasan Ubud, monkey forest Ubud, Tegalalang, Goa Gajah dan Tampak siring.

Mau tau serunya foto-foto mereka yang sudah pernah rafting di sungai Ayung ..? Di bawah ini ada beberapa foto yang kami ambil dari berbagai sumber. Jangan lupa ya, kalau udah ngebet mau rafting di sungai ayung, bisa langsung contact CS Balimall. See you on the next post ^^

 

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *